UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal

UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal - Hallo sahabat Manfaat Obat Tradisional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal
link : UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal

Baca juga


UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal

UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta konsen terhadap pengembangan tanaman berkhasiat obat atau herbal. Pada tahun ini UGM menanam ribuan jenis tanaman herbal di lahan miliknya di wilayah Imogiri, Bantul.
Lahan tanaman obat yang diberi nama Gama Herbal ini menempati areal lahan seluas 5 hektare ini terletak di hutan Girirejo, Imogiri, Bantul. Lahan herbal milik UGM ini dibuka secara resmi Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Suratman, Rabu (5/6).
Menurut Suratman, pengembangan Gama Herbal ini dilakukan untuk upaya penanganan lahan kritis di wilayah Imogiri Bantul. Sebab, kata dia, 20 tahun lalu lahan di wilayah Imogiri sangat tandus dan kritis. "Selain sebagai lahan penelitian, ini juga upaya kita menanggulangi lahan kritis dan pengabdian pada masyarakat," ujarnya.
Hadirnya Gama Herbal, kata dia, sekaligus melengkapi beberapa laboratorium alam dan penelitian UGM di Bantul seperti gumuk pasir dan Kebun Mangunan sebagai University Farm. Suratman berharap Gama Herbal nantinya bisa meningkatkan pendapatan dan kesehatan masyarakat setempat.
Sementara itu menurut pengelola Gama Herbal, Endhy Dwihartomi, kebun herbal ini melibatkan 200 petani sekitar dalam pengembangan dan pemeliharaanya. Aneka tanaman herbal berada di kebun tersebut. Bahkan tanaman herbal yang tergolong langka juga ada di kebun milik UGM tersebut.
"Kita menanam banyak jenis tanaman herbal. Antara lain cabe Jawa, Sambung Nyowo, Pepaya California, Keladi Tikus, Mengkudu, dan Jambu Biji Getas Merah," ujarnya.
Menurut dia, produksi kebun herbal UGM ini mampu mencukupi kebutuhan tanaman obat industri kecil di Bantul dan sekitarnya.


Demikianlah Artikel UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal

Sekianlah artikel UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal dengan alamat link http://manfaat-obat-tradisional.blogspot.com/2014/01/ugm-miliki-kebun-tanaman-herbal.html

0 Response to "UGM Miliki Kebun Tanaman Herbal"

Post a Comment