Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang

Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang - Hallo sahabat Manfaat Obat Tradisional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang
link : Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang

Baca juga


Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang

Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang

Rabu, 31 Juli 2013 07:26:56 WIB
herbal317
JAKARTA (Pos Kota)-Obat alami berupa herbal semakin disukai masyarakat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat saat ini jumlah pemakai obat herbal telah mencapai empat miliar orang.
“Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2010, sekitar 93 persen masyarakat yang pernah minum jamu menyatakan minum jamu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh,” kata Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, di sela-sela acara Temu Bisnis dan penandatanganan nota kesepahaman antara Pusat Studi Bìofarmaka IPB (PSB-IPB) dan industri jamu di bawah koordinasi Gabungan Pengusaha Jamu, kemarin.
Menurutnya kondisi ini menjadi prospek pasar tumbuhan obat dan obat herbal Indonesia. Saat ini pasar obat herbal Indonesia dan dunia sangat menjanjikan. Permintaan akan obat herbal pasti meningkat.
Kesepakatan ini meliputi kerjasama pendidikan dan pemagangan untuk peningkatan SDM di bidang jamu, penyediaan bahan baku terstandar untuk pemenuhan kebutuhan industri, serta pengembangan produk jamu melalui penelitian dasar dan terapan yang dapat diimplementasikan oleh industri.
Terkait prospek ini, PSB IPB pun diarahkan untuk fokus dalam pengembangan iptek kesehatan. Sebagai Pusat Unggulan Iptek, PSB IPB diarahkan menjadi Pusat Studi Biofarmaka Indonesia atau Indonesia Biopharmaca Research Center (IBRC). Di sinilah dilaksanakannya riset biofarmaka khususnya obat herbal yang bereputasi nasional dan internasional.
Gusti mengatakan, PSBI diharapkan menjadi wadah pengembangan riset dan inovasi teknologi, pengembangan dan pengkajian sistem pendidikan obat herbal, pusat rujukan pengembangan budidaya tanaman obat terstandar dan model pengembangan produk, serta diseminasi informasi bidang biofarmaka khususnya obat herbal.
Kepala Pusat Studi Bìofarmaka IPB (PSB-IPB), Latifah K Darusman, mengungkapkan, beberapa hasil penelitian yang sudah dipatenkan dan sangat berpotensi untuk dikomersialisasikan. Di antaranya, permen cajuput untuk pelega tenggorokan, ekstrak tabat barito yang berkhasiat anti tumor, ekstrak flavonoid Mahkota Dewa sebagai antikanker, dan ekstrak daun jati Belanda sebagai pelangsing.
“Kalau dihitung-hitung ada sekitar 28 hasil penlitian PSB IPB untuk kesehatan yang berpotensi dijual. Ada anti jerawat, anti penuaan dini, pemutih kulit, dan lain-lain,” katanya.
Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, Charles Saerang, mengatakan, pasar obat herbal atau jamu di Indonesia pada 2010 menembus angka Rp7,2 triliun dan pada 2011 mencapai Rp12 triliun. (faisal)


Demikianlah Artikel Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang

Sekianlah artikel Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang dengan alamat link http://manfaat-obat-tradisional.blogspot.com/2014/01/obat-herbal-digunakan-4-miliar-orang.html

0 Response to "Obat Herbal Digunakan 4 Miliar Orang"

Post a Comment