Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...

Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ... - Hallo sahabat Manfaat Obat Tradisional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ..., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...
link : Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...

Baca juga


Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...

Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...

Jakarta - Bukan hanya tanaman obat saja yang dimiliki warga RW 9 Menteng, Jakpus. Mereka juga sudah mengelola lingkungan dengan membentuk bank sampah. Sampah plastik dikumpulkan dan bisa dijual.
"Kita mulai dari 2009, awalnya ya dari prihatin saja sama sampah plastik yang ada. Terus kita rembukan, mau bikin apa nih? Akhirnya mulailah kita sosialisasikan ke warga RW 9 kalau sampah itu bisa jadi uang," kata Sabda pendiri Himpunan Pemuda Peduli Lingkungan (HPPL) RW 9 Menteng saat berbincang dengan detikcom, Jumat (5/7/2013).
Bagaimana cara pengelolaannya? Sabda memberi penjelasan, setiap akhir pekan ada pengurus HPPL yang berkeliling ke rumah warga menjemput sampah plastik itu. Warga juga memiliki buku tabungan. Jadi sampah itu dicatat berapa nilainya dan dimasukkan ke buku tabungan.
"Kaya gelas plastik itu kita hargain Rp 4.000 ribu perkilo, kalo botol plastik Rp 3.000 perkilo, terus ada juga mainan bekas Rp 1.000 perkilo," urainya.
Sabda menuturkan, warga bisa kapan saja mencairkan tabungannya dari bank sampah itu. Tinggal dikurangi saldo yang ada. Tapi, saldo di buku tabungan itu minimal Rp 10 ribu.
"Terus nggak cuma uang saja, kalau warga mau sembako ya bisa kita kasih sembako juga," imbuhnya.
Pembentukan bank sampah ini juga memberi dampak positif. Sekarang sampah plastik amat susah ditemui di kawasan RW 9 Menteng. Upaya menciptakan lingkungan bersih dan asri di Jakarta bisa terpenuhi.
"Ya tadinya kan sampah plastik tuh bertebaran, sekarang sudah bersih. Malah susah nyari sampah plastik di RW 9. Warga malah rebutan kalo lihat sampah. Ya dampaknya jadi makin bersih aja," terangnya.
Untuk penjualan sampah plastik ini, Sabda menjelaskan, ada pengepul yang datang setiap beberapa minggu sekali. Menurut dia juga pengumpulan sampah ini wajib bagi warga RW 9 Menteng.
Keberadaan bank sampah ini juga disambut positif warga. Nani (32) menuturkan dengan bank sampah ini, dia bah kan bisa menambah uang belanja bulanan.
"Jadi ada uang tambahan lagi. Kaya sekarang apa lagi mau ramadan kan. Terus juga kita nih sekarang nggak bisa lihat sampah botol gitu, pengennya mah mungut aja mau dibawa pulang," ucapnya dengan tersenyum.

Simak rangkuman beragam peristiwa penting dan menarik sepanjang hari ini di "Reportase Malam" Pukul 1.00 WIB hanya di TransTV
(ndr/ndr)





Demikianlah Artikel Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ...

Sekianlah artikel Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ... kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ... dengan alamat link http://manfaat-obat-tradisional.blogspot.com/2014/01/bukan-hanya-taman-tanaman-obat-warga.html

0 Response to "Bukan Hanya Taman Tanaman Obat, Warga Menteng Juga Punya ..."

Post a Comment