Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut

Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut - Hallo sahabat Manfaat Obat Tradisional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel toga, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut
link : Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut

Baca juga


Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut

Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut


Tanam Toga dibudidayakan di halaman puskesmas(Foto: Noviar)

LENSAINDONESIA.COM: Toga, mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengenal apa itu Toga. Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Toga pada awalnya lebih dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk bumbu pelengkap masakan tradisional, khususnya di daerah pedesaan.
Namun, kini Toga sudah menjadi bagian dari obat yang menjadi pilihan pertolongan pertama metoda pengobatan tradisional sebagai salah satu cara terapi alternatif.
Baca juga: Buang Sampah Sembarangan, KTP Ditahan dan Wakil Walikota Jakut Pimpin Upacara di Sekolah Al Azhar, Kelapa Gading
Kini Toga bukan hanya diperdayakan di pedesaan saja. Toga juga sudah mulai diperdayakan diperkotaan dengan memanfaatkan halaman disekitar pekarangan rumah masyarakat serta perkantoran.
Menuru t Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Utara (Jakut), Bambang Suheri, Toga di perkotaan biasanya dikaitkan dengan kegiatan program pokok PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) pada setiap kelompok dasa wisma di lingkungan RT/RW per Kelurahan.
“Terkait dengan cara pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga pada setiap halaman rumah tangga, sangat tepat juga bisa dikembangkan pada halaman Puskesmas,” ujar Suheri, di Puskesmas Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Senin (25/2).
Suheri menambahkan, beberapa manfaat pembudidayaan toga disekitar halaman puskesmas, sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan dikembangkannya Toga di halaman Puskesmas tentu bernilai positif, diantaranya sebagai ajang Promosi Kesehatan Lingkungan.
“Ini bisa kita katakan sebagai ajang promisi kesehatan lingkungan untuk mengajak kesadaran masyarakat menanam tanaman yang bernilai guna. Disampingi itu juga turut melengkapi informas i pilihan pengobatan alternatif,” kata Suheri.
Suheri juga meminta kepada seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Jakut, untuk melakukan pembudidayaan Toga di sekitar halaman Puskesmas, agar dapat memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan pekarangan, dan tentu saja menambah nilai keasrian dan kesejukan halaman Puskesmas.
“Sudah saya perintahkan kepada seluruh jajaran saya di Puskesmas baik di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan yang memiliki lahan luas, dengan adanya tanaman Toga yang tumbuh segar, tentu juga dapat menambah kesejukan dan keasrian halaman Puskesmas,” jelas Suheri.@Noviar
Â

Editor: +Catur Prasetya
Menamatkan pendidikan S1 Sastra Inggris Universitas Dr. Soetomo, redaktur yang juga penghobi berat bulutangkis…
Facebook Twitter Google+ Index BeritaÂ

Berita Terkait:
  • Bank Mandiri Peduli Lingkungan
    Tanam Pohon Manggrove di Taman Wisata Angke
  • Kelurahan Sukapura Jakut Siap Sambut Piala Adipura
    Terus Lakukan Pembenahan
  • Jelang Piala Adipura, Jakut Mulai ‘Gencar’ Berbenah
    Terus Melakukan Pembenahan di 14 Titik
  • Perbaikan Puskesmas Koja Butuh Dana Rp 4 Miliar
    Menengok Fasilitas Kesehatan di Jakut
  • Menlu Belanda Kunjungi Waduk Pluit
    Banjir Jakarta
  • 200 Siswa SD, Ramaikan Olimpiade Matematika dan IPA
    Mereka yang Berprestasi
  • Kelapa Gading Masuk Dalam Zona Bebas Korupsi
    Bukan Hanya Sebatas Slogan Saja
  • Jelang Piala Adipura, Pemkot Jakut Berbenah Diri
    Bersih-bersih Kampung Jakarta
  • Cegah Peredaran Narkoba, BNN Gelar Penyuluhan Tingkat Kecamatan di Jakut
    Awas! Narkoba Sudah Merajalela
  • Walikota dan Korpri Jakut Gelar Maulid Nabi
    Maulid Nabi Momentum Intropeksi Diri





Demikianlah Artikel Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut

Sekianlah artikel Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut dengan alamat link http://manfaat-obat-tradisional.blogspot.com/2013/04/budidayakan-toga-disetiap-puskesmas.html

0 Response to "Budidayakan Toga Disetiap Puskesmas Jakut"

Post a Comment